Blogshop Pesta Blogger 2009 Diawali dari Malang


Penyelenggaraan Blogshop Pesta Blogger 2009 yang akan dilakukan di 10 kota besar di Indonesia diawali dari Kota Malang. Ketua panitia, Iman Brotoseno, di Malang, Selasa (28/7), selain Kota Malang, sembilan kota lain yang bakal dijelajah para blogger adalah Semarang, Bandung, Balikpapan, Samarinda, Makassar, Surabaya, Medan, Palembang dan Yogyakarta. "Blogshop ini digagas untuk mendorong lebih banyak masyarakat Indonesia yang terlibat dalam aktivitas blogging yang bertanggungjawab, kritis, konstruktif serta memiliki kesadaran sosial yang tinggi," katanya seperti dikutip ANTARA.

Ia mengakui, saat ini masih banyak blogger yang beranggapan bahwa mereka bisa menulis apa saja di blog-nya bahkan berpikir kalau aturan hukum di dunia nyata tidak mengikat mereka yang beraktivitas di dunia maya. Pandangan tersebut perlu diluruskan. Sebab, tegas Imam, seluruh blogger juga tetap terikat dengan dengan aturan hukum yang berlaku di dunia nyata sehingga para blogger juga diimbau untuk nge-blog secara bertanggungjawab dan kesadaran sosial yang tinggi.

Menurut dia, blog "sampah" secara alami akan hilang dengan sendirinya. Sebab seluruh blog akan terseleksi secara alami dan kalau oleh komunitas blogger dianggap "sampah" pasti akan hilang.

Penyelenggaraan ajang ini merupakan kerjasama antara American Corner di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia yang berkedudukan di Jakarta.

Sementara itu, Public Diplomacy Officer Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, Tristram Perry, mengatakan, dukungan AS terhadap penyelenggaraan pesta blogger sudah yang kedua kalinya yakni tahun 2008 dan tahun 2009.

Dukungan tersebut, katanya, tidak hanya berupa finansial semata tetapi juga moral. Sebab aktivitas blogger di Indonesia ada kesamaan dengan yang ada di Amerika yang tidak ada pembatasan sehingga masyarakat benar-benar hidup di alam demokratis ketika menyampaikan pendapat dan ide-ide cemerlangnya.

Berdasarkan hasil penelusuran Pesta Blogger, pengguna internet di Indonesia hingga Juli 2009 mencapai 25 juta orang dan sekitar 500 ribu diantaranya sudah memiliki blog alias menjadi blogger. Akhir tahun 2009, blogger di Indonesia diperkirakan bisa menembus angka satu juta orang.(Andri Setyawan)

Sumber: liputan6.com, 28/07/2009

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda