Gethuk Lindri

BAHAN dasar gethuk lindri sangat berlimpah di Indonesia. Yakni, singkong. Ada juga yang menyebutnya ketela pohon atau kaspe. Cara membuatnya pun tidak terlalu ribet. Dan hasil akhirnya sebagai gethuk bisa dibentuk sesuai selera.

Potong-potong ketela pohon yang sudah dibersihkan dari kulitnya, cuci bersih lalu kukus hingga matang. Masih dalam kondisi panas, ketela pohon kukus ini relatif mudah dilembutkan. Gunakan gilingan gethuk untuk melumatkannya.

Campurkan bahan lainnya (gula, pewarna makanan atau bubuk cokelat, sedikit garam, dan vanili) ke dalam adonan ketela pohon ini, hingga tercampur rata. Lalu bentuk adonan sesuai selera. Biasanya dibentuk sesuai hasil akhir gilingan gethuk lindir. Sajikan segera dengan taburan parutan kelapa muda. Hmm nyamleng kan?

Jenis jajanan tradisional ini memang dipertanyakan apakah masih disukai oleh anak-anak di tengah kepungan jajanan modern. Tentu tergantung pada kreativitas untuk menyuguhkan jajanan tradisional dalam wujud barunya.

Misalnya, bahan dasarnya memang berasal dari gethuk lindri. Namun penampilannya bisa saja dibentuk menjadi satwa kesayangan anak-anak. Bahkan bisa juga dibentuk bak superhero kebanggaan anak-anak.

Agar anak-anak semakin terlibat dalam keasyikkan ini, libatkan mereka di dapur, dan biarkan mereka menambahkan mata satwa gethuknya atau menggambarkan sayap pada superhero kebanggaan mereka.

Bisa juga dimanfaatkan krim kocok (buat warna-warni) untuk memberi sentuhan pribadi pada gethuk lindri fantasi ini. Selamat mencoba. tri

Bahan:

1000 gr ketela pohon
250 gr gula putih
100 gr bubuk cokelat
200 gr kelapa muda, parut kasar
Pewarna makanan (hijau)
Garam dan vanili secukupnya
Santan kental masak (jika suka)

Membuatnya:

1. Bersihkan ketela pohon, cuci, lalu kukus hingga matang. Angkat dan panas-panas langsung lumatkan hingga halus. Buang serat yang ada di tengah ketela pohon.
2. Campurkan dengan gula, vanili, garam, santan, lumatkan kembali hingga semua bahan tercampur rata.
3. Bagi adonan sesuai warna yang diinginkan, lalu campur kembali adonan hingga rata. Giling adonan dan bentuk sesuai selera.
4. Sajikan potongan gethuk lindri ini dengan taburan kelapa parut.

[keluar]

Sumber: Surya, Sabtu, 25 Juli 2009

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda