Sup Kaki Kambing

DI Surabaya banyak bertebaran kedai yang menjajakan sup kaki kambing, jenis sup yang diklaim berasal dari Betawi. Namun di tangan setiap pengolah di kota kedua, citarasa sup kaki kambing ini semakin disempurnakan dan menjadi ciri khas si empunya racikan.

Seperti sup kaki kambing racikan Fahriansyah, chef dari Pakuwon Golf and Family Club (PGFC) Surabaya ini. Dari bahan dasar kaki kambing, Fahriansyah menyulapnya menjadi sup kaki kambing nan lezat dan nendang banget. Jika Anda berencana untuk membuat sup kaki kambing sendiri di rumah, coba ikuti panduan Fahriansyah ini agar citarasa yang Anda inginkan benar-benar sempurna.

Bumbu lengkap menjadi ciri utama agar daging kambing terasa semakin nikmat disantap. Itulah membuat penyuka menu-menu berbahan daging kambing ini seakan melayang dan siap bergoyang seusai menyantapnya. tri

Bahan:

500 gr (3 pasang) kaki kambing muda siap olah
100 gr bawang merah
100 gr bawang putih
100 ml santan
100 ml susu
50 gr kemiri
1 jari jahe, keprak
3 batang serai, keprak
1 jari lengkuas, keprak
4 lembar daun jeruk purut
½ sendok teh jintan
1 buah tomat, belah empat
1 buah kentang rebus, belah empat
Bawang goreng dan emping secukupnya

Membuatnya:

1. Haluskan semua bahan bumbu (kecuali jahe, serai, lengkuas) sampai tercampur rata, lalu tumis dengan sedikit minyak sampai harum.

2. Lalu masukkan kaki kambing yang sudah bersih, tumis sebentar dengan bumbu. Lalu tambahkan serai, lengkuas, daun jeruk, dan jahe, aduk baru tambahkan air secukupnya, aduk rata. Biarkan sampai mendidih.

3. Setelah mendidih, lalu masukkan santan dan susu. Tambahkan sisa bumbu yang lain dan masak kembali dengan api kecil hingga kaki kamping empuk. Angkat dan sajikan segera sop kaki kambing lengkap dengan taburan bawang prei, daun bawang, jeruk nipis, irisan tomat, kentang, emping, dan acar mentah, jika suka.

Sumber: Surya, Minggu, 2 Agustus 2009

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda