Olahan Keju Thea Susetia Kusumo

Memiliki rasa khas yang gurih, keju punya banyak penggemar. Salah seorang yang sangat menyukai bahan makanan olahan susu itu adalah Thea Susetia Kusumo. Dengan kreativitasnya, perempuan berusia 72 tahun tersebut bisa membuat berbagai menu menggoda yang mengandung keju.

"Jangan kaget kalau melihat saya memasak yang ada kejunya. Sambil nunggu makanan matang, mulut saya ini nggak berhenti mengunyah keju. Rasanya enak sekali," katanya, lantas tertawa.

Di antara menu andalannya adalah pastel tutup tabur keju. Selain rasanya enak, menu itu pantas menjadi hidangan pesta karena penampilannya cantik dan terkesan mewah. Padahal, bahan yang dibutuhkan tidak mahal dan gampang didapat.

Kandungan gizinya pun tak perlu diragukan. Pastel tersebut mengandung nutrisi yang nyaris lengkap. Ada karbohidrat yang didapat pada kentang, vitamin A pada wortel untuk kesehatan mata, protein pada daging dan udang, serta tentu saja keju yang banyak mengandung kalsium, zat besi, kalori, dan lemak. "Bagi orang seumuran saya ini, kalsium sangat penting," ujarnya. "Membantu memperkuat tulang dan menghindarkannya dari keropos," sambung ibu empat orang anak itu.

Dari beberapa hasil penelitian, mengonsumsi keju dapat mengurangi gejala sindrom pramenstruasi dan memperkuat tulang. Kandungan beragam mineral yang tinggi pada keju juga sangat baik untuk melindungi gigi dari karies. Pasalnya, unsur tadi dapat memperkuat mineralisasi email gigi yang pada akhirnya bisa menjaga kekuatan gigi.

Tidak heran, meski usia Thea sudah berkepala tujuh, sebagian besar giginya masih utuh. Karena keju itu pula, kata Thea, asupan kalsiumnya cukup hingga dirinya masih sanggup berjalan cepat sampai menaiki tangga. "Nggak ada keluhan tulang keropos," ungkap alumnus jurusan bahasa Inggris dari IKIP Malang itu.

Manfaat lain mengonsumsi keju, lanjut Thea, adalah membuat dirinya terhindar dari beragam penyakit berbahaya. Sebab, susu yang merupakan bahan dasar keju dapat mencegah penyakit jantung, kanker, stroke, sampai mengurangi risiko tekanan darah tinggi. "Banyak sekali manfaat keju bagi tubuh kita," ujar nenek empat cucu itu.

Perpaduan rasa nikmat dengan setumpuk manfaat membuat masakan olahan keju Thea itu digemari anak-cucunya. "Enak sekali, rasanya gurih," komentar salah seorang cucu Thea, Rizky Adhyaksa, sambil memasukkan sesendok pastel tutup tabur keju ke mulutnya.

Menu lain dari keju yang ditawarkan Thea adalah sup jagung. Racikan bumbu yang pas membuat kuah sup ini terasa segar, jauh dari rasa enek. Pemilihan jagung dalam sup ini bukan tanpa alasan. Menurut Thea, jagung dapat melancarkan air seni dan buang air besar. Makanan tersebut cocok dikonsumsi orang lanjut usia yang sering mengalami masalah berkaitan dengan urusan ke belakang. "Kandungan gizi dalam sup makin lengkap karena ada sosis dan jamur," ujarnya.

Sebagai camilan, Thea menawarkan resep sus keju goreng. Kue itu cocok untuk hidangan pendamping teh di sore hari. "Bikinnya sangat mudah. Bergizi dan enak sekali," ujar Thea. (may/ayi)

Pastel Tutup Tabur Keju

Bahan:

- Seperempat dada ayam, rebus dengan dua gelas air, lalu potong dadu

- 3 buah wortel agak besar, potong dadu

- Setengah kaleng kacang polong

- 2 ons daging sapi cincang, campur dengan setengah ons udang yang telah dihaluskan. Beri sedikit merica dan pala bubuk plus dua sendok teh tepung kanji. Buat adonan menjadi bulatan kecil. Lalu, rebus dengan kaldu dari dada ayam.

- 1 ikat sohun

- Jamur kuping secukupnya, rendam dan potong-potong sekitar 2 cm

- Setengah kg kentang dikukus, kemudian dihaluskan sebagai penutup

- 1 gelas susu

- 1 butir kuning telur

- 1 buah keju

Bumbu:

- 1 buah bawang bombai sedang, diiris halus

- 2 batang daun bawang dipotong kasar

- 1 batang seledri, ambil daunnya dan dirajang halus

- 1 sendok makan mentega

- 1 sdt merica bubuk

- 1 sdt pala bubuk

- 1 sdm gula

- Garam secukupnya

Cara Membuat:

1. Bawang bombai ditumis dengan satu sendok makan mentega hingga harum. Masukkan daun bawang yang telah dipotong-potong. Setelah layu, masukkan bahan-bahan lain, mulai dada ayam, wortel, kacang polong, bulatan daging campur udang, hingga jamur kuping. Siram dengan segelas kaldu dan segelas susu.

2. Tambahkan merica, pala, dan gula serta garam. Masukkan juga daun seledri yang telah dirajang halus.

3. Setelah tercampur rata, letakkan dalam pinggan tahan panas. Jangan terlalu penuh, kuah setinggi isi dari bahan.

4. Tutup bagian atasnya dengan kentang yang sudah dihaluskan hingga isi pastel tidak tampak. Pulas dengan kuning telur yang telah diaduk. Tambahkan parutan keju di atasnya hingga merata. Panggang sekitar 40 menit dalam suhu sedang.

Sup Jagung Sosis Keju

Bahan:

- 5 buah jagung muda

- 2 buah sosis, iris dan goreng sebentar

- Jamur kancing secukupnya

- 2 gelas air

- 1 sdm mentega untuk menumis

- 50 gram keju parut

Bumbu:

- 1 bawang bombai agak kecil

- 1 batang daun bawang, dipotong kasar

- 1 batang daun seledri diiris halus

- 1 sdt merica bubuk

- 1 sdt pala bubuk

- garam secukupnya

Cara Membuat:

1. Jagung muda disisir dengan pisau. Buang bonggolnya, lalu diblender dengan satu gelas air.

2. Kemudian disaring. Ampas dari saringan diblender lagi dengan segelas air.

3. Bawang bombai yang telah diiris halus ditumis dengan satu sendok makan mentega hingga harum. Kemudian, masukkan daun bawang yang sudah dipotong dan daun seledri yang diiris halus.

4. Masukkan jamur kancing yang sudah diiris. Aduk terus hingga agak kental. Bila terlalu kental, bisa ditambahkan air.

5. Masukkan semua bumbu, merica, pala, dan garam. Terakhir, masukkan keju parut.

Sus Keju Goreng

Bahan:

- 100 gram tepung

- 75 gram mentega

- 200 cc air

- 150 gram keju

- 4 butir telur

- Garam secukupnya

Cara Membuat:

1. Air direbus dengan mentega

2. Jika sudah mendidih, diangkat dari api. Tepung dimasukkan dan dicampur sampai rata dan halus.

3. Setelah tercampur, adonan dipanaskan lagi di atas api. Aduk terus sampai adonan kalis dan tidak lengket di panci.

4. Dinginkan sebentar, lalu masukkan telur satu per satu. Keju yang telah diparut juga dicampur ke dalam adonan. Aduk terus hingga rata.

5. Sebelum digoreng, adonan dapat dibentuk dengan menggunakan dua sendok.

Tip:

1. Agar hasil pastel bagus, memanggang menggunakan suhu sedang. Suhunya jangan terlalu tiggi supaya tidak cepat hangus. Warna yang dihasilkan pada tutup kentang pun menjadi bagus.

2. Agar cita rasa keju terasa dalam makanan, bisa dicampurkan pada saat terakhir. Supaya ketika makanan masak, rasa gurih keju masih didapat.

3. Untuk membuat soes keju yang bagus, sebaiknya gunakan tepung yang berkualitas. Sebab, jika tepung tidak bagus, hasil soes juga tidak memuaskan. Saat digoreng, soes mudah pecah.

[keluar]

Sumber: Jawa Pos, Minggu, 15 Maret 2009

Label: , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda