Mari Memasak Ikan

Mengapa harus ikan? Karena kita hidup di negeri bahari yang mempunyai kekayaan alam berupa ikan yang segar dan berlimpah. Di samping itu, ikan merupakan makanan sehat untuk tua dan muda juga kaya akan sumber protein yang tidak ternilai bagi kesehatan. Cobalah resep-resep di bawah ini.

Pepes Ikan Mas

Keperluan:
- ½ kg ikan mas
- 4 batang daun bawang, iris-iris
- 1 ikat kemangi.

Bumbu yang digerus:
- 2 lombok merah

- 3 bawang merah

- 2 siung bawang putih

- 4 butir kemiri

- ½ sdt terasi

- 1 sdt garam

- 1 sdt gula.


Bumbu utuh atau dipotong-potong:

- 4 lembar daun salam untuk alas
- 2 batang sereh potong-potong 3 cm, memarkan
- ± ½ jari jahe dan kunyit, iris tipis
- Daun pisang

Cara membuat:

Ikan dibersihkan, gurat-gurat, lalu lumuri dengan bumbu yang sudah digerus. Daun pisang ditumpuk beberapa lembar, alasi dengan daun salam, taruh kemangi dan daun bawang. Letakkan ikan berbumbu di atasnya, taruh rempah-rempah di beberapa tempat, tutup dengan kemangi dan daun bawang, lalu bungkus. Ujungnya disemat memakai biting. Kukus sampai matang. Setelah diangkat, letakkan pepes di wajan besi, panggang di atas api sedang sampai tidak berair. Dapat dihidangkan segera atau diinapkan semalam.

Sop Ikan Gurame

Keperluan:

- 1 ekor ikan gurame
- 3 siung bawang putih
- 2 iris jahe
- Merica
- 2 lombok merah
- ½ buah nanas
- 2 batang daun bawang
- Garam.

Cara membuat:

Bawang putih dimemarkan, iris halus, lalu tumis dengan sedikit minyak sampai harum baunya, tuangi kira-kira 1 gelas air, didihkan, lalu angkat.

Ikan dibersihkan lalu dipisahkan daging dari tulangnya. Potong persegi sebesar dadu. Tulangnya direbus dengan 3 gelas air untuk kaldu, saring kaldunya, masukkan ke dalam rebusan bawang putih, bubuhi garam dan jahe yang sudah dimemarkan, didihkan, lalu masukkan irisan ikan, bubuhi merica. Jika ikannya sudah matang, taruh irisan nanas, lombok merah yang sudah diiris-iris dan daun bawang, didihkan sebentar, lalu angkat, hidangkan.

Pindang Bandeng

Keperluan:

- 2 ekor bandeng yang sedang besarnya
- 3 cabai merah
- 10 cabai rawit
- Asam bakar sebesar kelereng
- 6 bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 1 ruas kunyit
- 2 iris lengkuas
- 3 lembar daun salam
- 4 sdm kecap manis
- Sedikit garam.

Cara membuat:

Ikan dibersihkan, sisiknya jangan dibuang. Tiap ikan dipotong menjadi 3 lalu kukus sampai matang. Bawang merah, bawang putih, lombok merah, dan kunyit ditusuk pada tusuk sate, lalu bakar sampai harum baunya. Lepaskan dari tusuknya lalu cuci. Kunyit dikupas lalu memarkan.

Sediakan panci, isi dengan 4 gelas air, masukkan bandeng, dan bahan-bahan lain, didihkan, lalu kecilkan apinya. Masak sampai bumbu-bumbu meresap. Lalu angkat. Keesokan harinya pindang dihangatkan. Pindang bandeng setelah beberapa hari rasanya lebih enak dan tiap hari dihangatkan sampai mendidih.

[keluar]

Sumber: Kompas, Minggu, 1 Februari 2009

Label: , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda