Meditasi dan Relaksasi Ibu Hamil

Meditasi meningkatkan asupan oksigen, menstabilkan detak jantung, pernafasan, tekanan darah, serta meningkatkan intensitas gelombang alfa, teta dan delta yang merupakan kebalikan dari perubahan fisiologis yang terjadi saat respon stress terjadi. (Herbert Benson M .D. Harvard Medical School)

Kutipan tentang meditasi di atas menginspirasi www.bidancare.com untuk berbagi tehnik relaksasi melalui afirmasi untuk ibu hamil.

Mendampingi ibu hamil selama bertahun–tahun membuat bidancare berusaha untuk terus menerus berusaha memahami apa yang menjadi kebutuhan mereka. Pengalaman yang paling menyentuh adalah ketika harus mendampingi iu hamil yang terpaksa harus bed rest (tirah baring total di tempat tidur) karena mengalami perdarahan.

Jika sehari dua hari mungkin tidak menjadi soal. Tetapi kita bisa membayangkan bagaimana perasaan bosan, sedih, frustasi mendera sang ibu hamil yang harus berbulan-bulan terpaksa tirah baring total di rumah sakit demi mempertahankan kelangsungan kehidupan sang janin dalam rahimnya.

Pernah suatu ketika seorang ibu terpaksa harus menghabiskan 5 bulan waktunya dengan istirahat total di rumah sakit. Perjuangan yang sangat luar biasa seorang calon ibu.

Sebagai salah satu bentuk perhatian bagi kasus–kasus seperti itu, saya berusaha mempelajari pengetahuan komplementer di luar kebidanan. Antara lain kursus hypnobirthing dan pranic healing, tehnik senam yoga philates dan taichi (Yophita). Semua tentu khusus yang berfokus pada ibu hamil, bersalin dan nifas.

Berikut ini adalah salah satu upaya yang saya lakukan untuk memberi dukungan bagi kasus–kasus kehamilan yang bermasalah. Tehnik meditasi dan afirmasi ini saya persembahkan bagi ibu hamil terutama yang harus bed rest total. Sahabatku para ibu hamil, ketika dokter dan bidan mengatakan anda harus bed rest total, tetaplah tersenyum dan nikmatilah semua keadaan ini dengan sikap pasrah dan tenang jangan berkecil hati.

Mari kita meditasi agar semua ketegangan dan ketidaknyamanan berubah menjadi kebahagiaan dan rasa syukur.

Ambilah posisi berbaring terlentang dengan kedua tangan di sisi tubuh.Biarkan telapak tangan anda terbuka. Luruskan kedua kaki anda dan sedikit direnggangkan. Jika mau Anda bisa menyingkirkan bantal sebentar selama 15 menit saja.

Sekarang silahkan menutup mata. Mulailah belajar bernafas dengan santai dan tenang. Rasakan setiap tarikan dan hembusan nafas, biarkan nafas anda mengalir lepas dan alami jangan memaksakan atau menahannya. Ketika Anda sudah mulai merasakan ketenangan yang penuh, bayangkan dalam benak Anda sang janin yang berada di dalam rahim, rasakan setiap gerakan sehalus apapun dari sang buah hati. Tersenyumlah untuk setiap gerakan yang Anda rasakan dan pertahankan kebahagiaan itu. Lakukan kontak batin dengan janin Anda.

Ucapkan dalam hati dengan penuh keyakinan dan sepenuh hati kalimat afirmasi kehamilan yang khusus saya buat bagi para ibu hamil berikut ini.

AFIRMASI UNTUK IBU HAMIL

Tuhan menciptakan tubuhku begitu sempurna sebagai seorang ibu
Aku mencintai setiap lekuk dan perubahan bentuk tubuhku
Semua baik dan sehat adanya
Semua kurasakan begitu indah dan aku berbahagia
Kegembiraan menjadi simfoni denyutan jantung bayiku
Bayiku begitu sehat dan luarbiasa, kelincahannya mulai kurasakan di dalam rahimku
Betapa indahnya merasakan bayiku menari dan berenang di dalam kolam cintaku
Desiran aliran darah dan suara degup jantungku membuatnya terbuai
Lihatlah bayiku membalas sentuhan sang ayah yang membelainya dari luar
Kakinya melonjak dan menendang perutku dengan kegirangan
Oh aku sungguh ibu yang paling berbahagia
Sungguh ini KEHAMILAN yang sangat menakjubkan
Aku akan memberikan seluruh hidup dan cintaku
Aku menikmati minuman dan santapan bergisi yang terbaik untuk Buah Cintaku
Aku menghirup seluruh udara sejuk dan energi positif sebagai kebaikan alam
Aku menyalurkannya dengan penuh kasih melalui pembuluh darahku
Melintasi pelataran ari–ari dan mengaliri seluruh ruang dimana bayiku bertahta
Semua akan menjadi baik adanya hingga sembilan bulan sepuluh hari berlalu
Tuhan aku bersyukur atas keagungan karyaMu yang ajaib dalam tubuhku

Setelah selesai silahkan Anda menutup dengan doa sesuai dengan agama Anda, ungkapkan semua kecemasan dan lepaskan diri Anda dari perasaan terbeban akibat situasi yang sedang Anda alami. Lakukan ini setiap kali menjelang tidur atau setiap pagi untuk mengawali hari baru.

Nikmatilah seluruh waktu–waktu Anda di rumah sakit sebagai kebaikan alam yang telah diberikan Tuhan. Sekarang tugas yang harus dilakukan adalah mengisi waktu penantian ini dengan kebahagiaan. Anda wanita luarbiasa. Seorang ibu yang penuh cinta. (Oleh Romana Tari)

Catatan:
  • Pada keadaan tertentu seorang ibu hamil tidak diijinkan terlentang terlalu lama, maka Anda boleh mengambil posisi miring ke kiri senyaman mungkin.
  • Bila dokter atau bidan menyarankan Anda harus dalam posisi setengah duduk, tidak masalah ini bukan halangan untuk tetap bisa mengambil posisi rileks dan santai.

    Pada prinsipnya adalah bagaimana Anda bisa mencapai perasaan nyaman, relaks dan tenang bukan soal posisi.
Sumber: www.bidancare.com, June 6, 2010

Label: , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda