Ayam Bakar Bumbu Kacang

Siapa bilang kawasan pesisir Jakarta itu selalu identik dengan makanan lautnya atau seafood. Buktinya, di warung makan Mat Jukir, di Jl Raya Marunda Makmur, Cilincing, Jakarta Utara, sangat terkenal dengan ayam bakarnya. Selain enak rasanya, harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau dengan isi kantong. Rumah makan ini memang khusus menyajikan ayam bakar.

Ada alasan tersendiri bagi Ahmad Jukir (42), sang pemilik rumah makan ini, mengapa tidak menawarkan menu ikan laut atau udang galah sebagai menu utama di warung miliknya yang berada di pesisir laut utara itu. Sekadar menghindari persaingan bisnis, menu ayam bakar dipilih Jukir sebagai menu andalannya. "Kalau ikan atau makanan laut sudah banyak. Kita cari yang beda," kata Jukir, Rabu (10/3).

Menu ayam bakar bumbu kacang di warung Mat Jukir memang akrab di hati para pelanggannya. Selain rasanya yang lezat dan enak, cara penyajiannya pun juga terbilang unik. Yakni, sebelum dibakar, ayam tersebut dilumuri bumbu kacang hingga menutupi seluruh dagingnya. Usai dibakar, dagingnya dilumuri bumbu kacang dan kecap pada bagian atasnya.

Selanjutnya, satu buah tomat dan mentimun diiris tipis-tipis sebagai penghias menu sajian. "Dalam penyajiannya kita juga menyediakan pilihan sambal goreng, selain sambal bumbu kacang yang sudah ada," sambung Jukir.

Tak hanya pada penampilannya yang unik, ayam bakar ini juga memiliki cita rasa yang tinggi. Perpaduan kecap dan bumbu kacang pada ayam bakar memberikan rasa manis dan gurih, rasa pedaspun akan terasa jika sambal goreng dicampur pada bumbu tersebut. Pemanggangan yang dilakukan secara merata membuat daging ayamnya terasa lebih empuk saat dikunyah.

Jukir mengaku ide pembuatan menu masakan ayam bakar bumbu kacang diilhami dari menu masakan khas asal Madura yakni sate. Saat itu Jukir berpikir bagaimana rasanya jika sate dibakar atau dipanggang secara utuh tanpa dipotong kecil-kecil. Dari sinilah Jukir mulai melakukan percobaannya membuat menu masakan ayam bakar dengan menggunakan bumbu kacang.

Maka sekitar 5 tahun lalu, Jukir resmi menetapkan menu masakan ayam bakar bumbu kacang sebagai menu utama di warung Mat Jukir, miliknya. Untuk satu porsi ayam bakar bumbu kacang masakannya, ia hanya menjualnya seharga Rp 9.000. Dalam menu ini, Jukir juga memberikan tambahan emping agar terasa lebih sedap dan kaya rasa.

Selain ayam bakar bumbu kacang, warung Mat Jukir juga ternyata menyediakan menu lain. Seperti ayam goreng dengan harga Rp 8.000 per porsinya, cumi sotong goreng Rp 9.000, ikan gurame bakar atau goreng Rp 11.000. "Dari sekian menu yang tersedia, ayam bakar bumbu kacang menjadi menu makanan yang banyak dipesan pelanggan," ungkap Jukir. (didit)

[keluar]

Sumber: BERITAJAKARTA.COM, 10-03-2010

Label: , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda