Ayam Panggang Isi

Bosan dengan citarasa olahan ayam yang itu-itu juga? Cobalah hidangan berbahan dasar ayam yang diisi dengan roti dan dipanggang dengan lumuran madu ini. Tidak ada yang susah dari olahan ayam panggang isi ini. Bahkan bagi seorang pemula sekalipun. Apalagi hasil olahannya begitu renyah ketika dikunyah. Hmm…

Olahan ayam panggang isi sangat gampang. Terlebih, semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat ayam panggang ini tersedia di sekitar kita. Hanya memang persiapannya cukup menyedot waktu, sementara memasaknya justru sangat gampang. Bahkan bagi seorang pemula sekalipun.

Kelebihan lain dari olahan ayam panggang isi ini adalah bisa disuguhkan setiap saat Anda menginginkannya. Cukup dengan memanaskannya kembali. Jika bosan dengan citarasanya, Anda tinggal mengganti saus sebagai padanannya. Apakah saus mangga, lemon, ataukah saus bawang putih.

Terlebih memasuki bulan Ramadan ini, olahan ayam panggang isi ini bisa menjadi alternatif lauk pauk ketika makan sahur. Suguhkan dengan nasi atau jika suka ganti dengan kentang dan lengkapi dengan tumis sayuran. Praktis bukan?

Ayo… mulailah dengan memilih ayam utuh yang sehat dan segar. Ukuran ayam bukan menjadi masalah. Bersihkan ayam, buang bagian kaki, kepala, dan isi jerohan ayam. Atau sisihkan bagian ini untuk bahan dasar membuat kaldu ayam.

Cuci ayam dengan air dingin. Keringkan dan sisihkan. Kini, mulailah menangani bahan-bahan untuk isi ayam. Di sinilah uniknya ayam panggang isi ini. Anda yang menentukan citarasanya. Ada banyak pilihan sebagai isi. Apakah akan diisi ragam sayuran, daging ayam cincang, daging sapi cincang, ataukah roti tawar giling bercampur telur, semuanya akan menghasilkan citarasa ayam panggang isi menjadi beda.

Jika roti tawar menjadi pilihan Anda, imbuhkan telur kocok sebagai padanannya. Sebagai penguat rasa, bumbu-bumbu yang dibutuhkan relatif sama. Yakni, lada, garam, bawang putih cincang, bawang bombay cincang. Jika suka, Anda bisa menambahkan daun bawang iris. Campur semua bahan menjadi satu, dan masukkan ke dalam tubuh ayam. Ikat ayam di kedua kakinya agar ayam tidak melar saat proses pemanggangan.

Lalu panggang ayam dalam oven yang sebelumnya sudah dipanaskan. Jangan lupa, lumuri ayam dengan mentega cair atau madu agar rasanya semakin gurih sekaligus legit ketika digigit. Setidaknya dibutuhkan waktu satu hingga dua jam memanggang ayam isi ini dalam suhu oven sekitar 80 derajat Celsius.

Setelah matang, keluarkan ayam panggang, tunggu 10 menit sebelum memotong dan menyajikannya panas-panas dengan paduan kentang panggang dan sayuran. Anda pun bisa menyuguhkan citarasa ayam semakin mantap dengan variasi saus sesuai selera. (tri)

Sumber: Surya, Sabtu, 3 Januari 2009

Label: , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda