Tahu Isi

Kena bom gara-gara makan tahu? Eits, jangan berpikir bom yang satu ini berisi mesiu ya! Bom istimewa ini bisa digigit, alias tahu berisi cabe rawit utuh. Begitu dikunyah, pedasnya langsung terasa.

CABE rawit biasanya hanya menjadi teman pendamping tahu isi. Satu gigit tahu isi disusul satu gigitan cabe rawit. Tahu isi jadi terasa pedas lezat. Nah, biar praktis dan tampil beda, Chef de Partie Party Surabaya Plaza Hotel (SPH) Totok Wahyu menambahkan cabe rawit ini langsung ke dalam tahu isi.

“Begitu digigit langsung mengagetkan, karena rasa pedasnya yang tiba-tiba,” ujar Totok sambil tertawa. Tahunya berisi udang, tepung tapioka, dan beberapa jenis bumbu yang terasa gurih. Sehingga menyuguhkan kombinasi rasa yang unik di lidah.

Bukan itu saja, tahu isi berkulit campuran tepung maizena, tepung hongkong, dan tepung tamien. Jadi lebih kriuk-kriuk kalau digigit, apalagi tepung tamien yang biasa dipakai membuat dim sum membuat kulit tahu isi lebih lembut teksturnya. Tidak mrengkel-mrengkel layaknya tahu isi yang dijual di pinggiran jalan, karena memakai tepung terigu biasa.

Menu Martabak Bombay juga memiliki cita rasa lain. Sesuai namanya, Totok menambahkan bumbu kare dan bubuk kayu manis ke dalam isi martabak. “Rasanya lebih spicy. Aroma bubuk kayu manis juga kuat terasa di setiap gigitan,” terang Totok. ida

Tahu Boom
Bahan Isi:
10 Biji tahu putih, goreng kering
200 Gr udang segar bersih, dicincang
10 Gr daun bawang, potong halus
3 Siung bawang putih, dicincang
10 Biji cabe rawit merah
15 Gr tepung tapioka
Garam, gula, penguat rasa cecukupnya
5 Ml minyak wijen
5 Ml minyak bawang

Bahan Adonan:
15 Gr tepung maizena
15 Gr tepung Hongkong
15 Gr tepung tamien
175 Ml air

Membuatnya:
1. Campur semua bahan isi, kecuali tahu, hingga rata. Secara terpisah, campur bahan adonan.
2. Belah tahu jangan sampai putus lalu masukkan isi dan satu cabe untuk satu biji tahu.
3. Celupkan tahu yang sudah diberi isian ke dalam bahan adonan. Goreng sampai matang.

Martabak Bombay

Bahan:
250 gr tepung terigu
11 butir telur itik
500 gr daging sapi cincang
150 gr bawang Bombay
100 gr bawang prei
10 gr bubuk kayu manis
50 gr bumbu kare
Garam, margarin, air secukupnya

Membuatnya:
1. Campur tepung terigu dengan satu butir telur itik, satu gram garam, margarin, dan air. Aduk rata hingga kalis. Bebntuk adonan menjadi bulat, berat masing-masing sekitar 30 gram. Lalu rendam dalam minyak goreng selama tiga jam. Angkat dan pipihkan adonan hingga tipis.

2. Untuk bahan isi: campur daging cincang, 10 telur itik, bawang Bombay, bawang prei, bumbu kare, dan bubuk kayu manis.

3. Panaskan penggorengan dengan sedikit minyak lalu masukkan kulit martabak. Tambah isi di atas kulit martabak, lipat hingga berbentuk kotak atau segitiga. Lalu goreng sampai matang.

Sumber: Surya, 10/05/2009

Label: , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda