Air Putih, Nutrisi Penting yang Sering Terlupakan

Air Minum (sumber: Boldsky)


Rasanya, telah banyak penelitian yang menyatakan bahwa air merupakan salah satu unsur nutrisi yang berperan penting bagi tubuh manusia. Air sering dinyatakan memiliki sifat sama penting seperti protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan lemak.

Bahan yang satu ini berperan sebagai zat pembangun, pelarut dan pengangkut nutrisi dan zat buangan, pengatur suhu, pelumas dan penahan guncangan dalam tubuh.

Jika tubuh kekurangan air, diketahui dapat menyebabkan turunnya konsentrasi dan kemampuan berpikir, menurunkan stamina dan produktivitas, sakit kepala, lemas, kejang serta pingsan.

Untuk jangka panjang, kekurangan air dalam tubuh dapat menyebabkan munculnya infeksi saluran kemih dan gangguan ginjal.

Lalu, seberapa banyak kadar air yang dibutuhkan oleh tubuh manusia?

Seperti dikutip dari laman bodyandsoul, kebutuhan air tergantung pada berat badan, kebutuhan energi, tingkat aktivitas, jenis kelamin, serta lingkungan.

Jika dicontohkan, kebutuhan energi remaja dan dewasa sekitar 1800 - 3000 kilo kalori, maka kebutuhan air dalam tubuh mencapai sekitar 1,8 liter sampai 3 liter per harinya.

Selain itu, dikarenakan sepertiga kebutuhan konsumsi air dalam tubuh dipasok dari makanan yang dikonsumsi, maka konsumsi air yang dibutuhkan oleh tubuh yang ideal adalah sekitar 2 liter per harinya.

Jika kebutuhan tubuh akan air terpenuhi dengan baik setiap harinya, maka dapat dipastikan tubuh akan terbebas dari segala macam gangguan dan penyakit yang mengganggu. (body and soul, times of india)

Selamat minum air putih.

[keluar]

Sumber: Berita Satu, Minggu, 17 Maret 2013

Label: , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda