E-Learning atau Online Learning

He he he, ini istilah membingungkan. Dewasa ini, banyak istilah-istilah baru yang mungkin membuat kita bingung terkait dengan ICT dan pendidikan. e-learning, online learning, blended learning, mobile learning de el el. Saya ingi berbagi pendapat saya tentang semua ini, saleh-saleh dikit tolong ingetin ane.

Oleh Uwes A. Chaeruman

Menurut beberapa definisi, yang dimaksud dengan e-learning adalah sebagai berikut:
  • Learning activities based on any electronic format.
    www.teach-nology.com/glossary/terms/e/
  • Any technologically mediated learning using computers whether from a distance or in face to face classroom setting (computer assisted learning).
    www.usd.edu/library/instruction/glossary.shtml
  • Covers a wide set of applications and processes such as web-based learning, computer-based learning, virtual classrooms, and digital collaboration. It includes the delivery of content via Internet, intranet/extranet, audio and videotape, satellite, and CD-ROM. However, many organizations only consider it as a network-enabled transfer of skills and knowledge.
    www.neiu.edu/~dbehrlic/hrd408/glossary.htm
  • learning facilitated and supported through the use of information and communications technology, e-learning can cover a spectrum of activities from supported learning, to blended learning (the combination of traditional and e-learning practices), to learning that is entirely online. Whatever the technology, however, learning is the vital element. …
    internal.bath.ac.uk/web/cms-wp/glossary.html
Cukuplah empat definisi di atas memberikan gambaran kepada kita tentang apa itu e-learning dan ada sedikit pencerahan tentang bedanya dengan online learning. Secara sederhana, yang dimaksud dengan e-learning adalah segala aktifitas belajar yang menggunakan bantuan teknologi elektronik. Dengan demikian pembelajaran yang memanfaatkan salah satu atau kombinasi dari beberapa fasilitas seperti web, pembelajaran berbantuan komputer (CDROM), video conference, chatting, radio, televisi, telephone (seluler atau bukan), dan lain-lain dapat dikatakan sebagai e-learning. e-Learning juga dapat diaplikasikan dalam pendidikan konvensional dan apalagi pendidikan jarak jauh.

Nah, sekarang apa yang dimaksud dengan online learning? Jelas bahwa online learning adalah salah satu bentuk dari e-learning. Tapi untuk lebih jelasnya, kite liat definisi berikut: Any learning experience or environment that relies upon the Internet as the primary delivery mode of communication and presentation. (www.intelera.com/glossary.htm). e-learning specifically over the internet as opposed to other networks. (www.onlinedegreezone.com/distance-learning_terms.php)

Jadi, secara khusus online learning adalah salah satu bentuk e-learning (pembelajaran berbasis elektronik) yang baik materi (content) maupun penyampaiannya (delivery methode) menggunakan internet (www). Patokannya adalah ini, walaupun banyak pula orang mendefinisikan (saya tidak kutipkan definisinya disini) yang menyatakan bahwa online learning adalah sinonim dari e-learning.

Tapi, janganlah pula kita terlalu memperdebatkan masalah definisi. Yang penting, ketika kita bicara e-learning maupun online learning, jangan sampai hanya terfokus pada kata 'e' atau 'online'-nya saja sehingga melupakan kata 'learning'-nya itu sendiri. Justeru, yang menjadi penekanan adalah bagaimana peristiwa belajar (learning event) itu terjadi dengan bantuan teknologi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi. Begitu .....?

Maklum, sekarang ini kan latah. Agar dibilang suatu institusi pendidikan atau sekolah telah menerapkan e-learning berlomba-lombalah memperbanyak lab komputer. Padahal, komputer tersebut dengan sodara-sodaranya hanya digunakan untuk belajar tentang komputer, yang seharusnya digunakan untuk belajar dengan (learning with) atau belajar melalui (learning through) komputer, internet atau bentuk ICT lainnya.



[keluar]

September 20th, 2007

Label: , , , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda