Modernisasi Kamera Saku Digital

Sepertinya evolusi teknologi kamera digital tidak pernah berhenti bersamaan dengan semakin pesat dan cepat kemajuan teknologi komunikasi informasi. Berbagai model kamera digital baru bermunculan, menghadirkan resolusi yang lebih besar, prosesor image yang lebih cepat, tampilan layar yang lebih tajam, dan harga yang semakin terjangkau.

Canon Inc, perusahaan raksasa teknologi asal Jepang yang menguasai pangsa pasar kamera digital, belum lama ini memperkenalkan dua kamera kategori prosumer yang khusus dirancang mengikuti kemajuan teknologi komunikasi informasi, khususnya berkaitan dengan mobilitas dan maraknya jejaring digital sosial yang digemari siapa saja di seluruh dunia, seperti Facebook.

Dirancang dengan disain yang futuristik, Canon menghadirkan model seri PowerShot SX200 IS (foto atas sebelah kiri) dan model Ixus 110 IS yang sama-sama memiliki resolusi 12,1 megapiksel. Yang menarik dari kamera prosumer asal Jepang ini adalah masing-masing sekarang memiliki image stabilizer (IS) untuk memastikan hasil jepretan yang tajam ketika pengambilan foto dilakukan pada cahaya yang rendah.

Kedua kamera Canon ini sepertinya dirancang untuk menghadirkan perbedaan signifikan, antara menggunakan kamera digital dan ponsel berkamera yang juga mulai menghadirkan resolusi megapiksel yang tinggi.

Para insinyur di Canon Inc rupanya menginginkan penggunaan teknologi chipset DIGIC4 untuk menghasilkan kualitas image yang sangat berbeda dengan ponsel berkamera. Karena itu, para pengguna yang sekarang banyak memasukkan foto di situs-situs sosial, seperti Facebook, bisa membedakan kualitas foto di antara keduanya.

Canon PowerShot SX200 IS memiliki ukuran lensa yang lebih besar, desain futuristik dengan layar tampil yang lebar dan tajam, serta mampu menghadirkan kualitas definisi tinggi (HD) dalam pengambilan video dengan format 720p.

Sementara itu, Canon Ixus 110 IS yang lebih mungil juga memiliki kualitas pengambilan video HD, dan dilengkapi mode pengambilan foto yang lebih cerdas dengan berbagai pilihan, seperti dalam ruang, pengambilan foto kembang api, dan foto makro digital. (RLP)

Sumber: Kompas, Senin, 1 Juni 2009

Label: , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda