Jendela Penyimpan Listrik


FUNGSI jendela akan bertambah. Selain sebagai lubang sirkulasi udara dan ornamen rumah atau gedung, jendela kaca bisa menjadi sumber listrik. EnSol, perusahaan tenaga surya di pantai barat Norwegia, bekerja sama dengan Jurusan Fisika dan Astronomi Universitas Leicester, Inggris, mengembangkan jendela generator.

Oleh Syariffuddin Mahmudsyah

Profesor nanoteknologi di Leicester, Chris Binns, mengatakan bahwa jendela generator memanfaatkan sinar matahari untuk diubah menjadi listrik. Agar jendela menjadi pembangkit, perlu dipasang sel surya dengan teknologi film tipis. Film ini yang membedakan dengan sel surya konvensional berbahan silikon. Film tipis merupakan logam nanopartikel, ukurannya 10 ribu kali lebih tipis dari sehelai rambut.

Sebelum dipasang di jendela, film tipis 'ditanam' pada matriks komposit transparan, semacam substrat gelas standar, agar menjadi panel surya. Prototipe yang kini sedang dikembangkan ini luasnya 16 sentimeter persegi. Logam nanopartikel dirangkai menjadi sistem sel, terdiri atas tiga komponen utama, yaitu panel surya, baterai, dan regulator. Setelah itu, film tipis dilapiskan ke kaca jendela. Caranya bisa dioleskan atau disemprotkan. Warna kaca akan lebih gelap.

Ketika panel surya menangkap sinar matahari, jendela generator ini mulai bekerja. Menurut Chris Binns, 20 per-sen sinar matahari yang tertangkap akan diubah menjadi listrik dan di-simpan dalam baterai. Regulator meng-atur sistem kerja panel dan baterai, juga menentukan aliran listrik keluar dengan menggunakan arus searah. Menggunakan serat-serat kabel tipis, listrik ini baru dapat dimanfaatkan.

Menurut Binns, saking tipisnya, panel surya ini bisa dipasang di papan-papan lebar seperti pesawat tanpa memberikan efek beban yang signifikan. Sayangnya, generasi baru panel surya yang diluncurkan pada pertengahan bulan lalu di Leicester itu belum bisa diproduksi massal. "Produk siap untuk pasar komersial baru pada 2016," kata Binns.

Syariffuddin Mahmudsyah, dosen Teknik Elektro ITS

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda