Belanja Hemat dan Sehat

Dengan berkembangnya waktu dan semakin tersedianya informasi lewat berbagai media massa menjadikan masyarakat semakin sadar dan mengerti akan kesehatan. Salah satu trend yang terus berkembang adalah bahan makanan yang sehat dan organik. Tetapi apa kita perlu makan semua makanan organik dan tidak lagi membeli bahan makanan atau buah-buahan yang 'biasa'? Environmental Working Group atau EWG menjawab pertanyaan ini dengan membuat daftar belanja bahan makanan yang perlu dan tidak dibeli organik secara cukup komprehensif untuk buah dan sayur yang sering kita konsumsi. Daftar yang pendek dapat Anda lihat gambar di bawah ini.



Yang pasti kita harus mengurangi membeli konsumsi bahan makanan yang 'kemungkinan' mengandung bahan pestisida. Kita pun harus peduli karena pestisida dapat mengganggu kesehatan kita terutama pada anak-anak. Oleh karena itu sebisa mungkin beli bahan makanan organik sesuai dengan list dari EWG sehingga tidak semua harus organik. Beberapa yang tidak perlu kita beli organik adalah bawang bombai, alpukat, nanas, mangga, asparagus, pisang, kiwi, sayur kol, brokoli dan pepaya.

Agar kita mengkonsumsi bahan makanan yang bersih dan sehat maka kita harus selalu mencuci semua buah-buahan dan sayur sebelum dimakan. Mencuci dapat mengurangi tetapi tidak menghilangkan sama sekali (informasi dari EWG). Untuk kulit buah yang tipis anda dapat membilas dibawah keran sekitar 20-30 detik. Mengupas kulit buah bisa mengurangi kandungan pestisida tetapi kadang malah menghilangkan juga nutrisi penting yang terkandung dalam kulit buah tersebut.

Sumber: Aku Ingin Hijau, 17/09/2009

Label: , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda