Berburu PTN di Jawa

Mengapa Pulau Jawa? Ini alasan teknis semata kok. Kategori ini diambil untuk memudahkan pembahasan. Jadi, bukan berarti perguruan tinggi negeri di luar Jawa itu kurang kompetitif. Di lain waktu, MuDA berharap bisa membahas PTN di luar Jawa.

Banyak yang ngebet kuliah ke PTN favorit, tapi selalu saja penuh kisah sedih dibanding kisah bahagia. Biasanya itu terganjal kemampuan ”otak” alias kalah bersaing.

Jika kamu di sekolah kira-kira tak terlalu cerdas, atau jarang beruntung mengerjakan soal-soal sulit, atau selalu mendapat peringkat setelah 20, perlu strategi kalau tetap ingin sekolah di PTN.

Kesalahan ”fatal” mereka yang ngebet masuk PTN, tapi gagal, biasanya bermula dari diri sendiri yang enggak ”ngaca” pada kemampuannya. Salah satu cara ”ngaca” adalah mengikuti berbagai try-out yang sering digelar bimbingan belajar.

Jika nilai beberapa try-out kamu tak bisa tembus 20 besar, sebaiknya jangan menggantungkan pilihan studi hanya di PTN favorit. Boleh sih menempatkan PTN favorit sebagai pilihan utama, tetapi pilihan kedua harus di luar PTN favorit.

Percaya diri yang berlebihan bisa membunuh harapan kamu kuliah di PTN. Jika kamu ”biasa-biasa” saja dan targetnya masuk PTN, pilihlah PTN yang tak sedang jadi rebutan banyak orang. (AMR/DOE)

Jawa Tengah

Jawa Tengah tak cuma punya Universitas Diponegoro. Masih ada PTN lain yang menonjol, seperti Universitas Sebelas Maret Surakarta dan Universitas Jenderal Soedirman di Purwokerto.

UNS sering disebut kampus Kentingan karena letaknya di Kentingan, Solo. Kampus UNS lumayan luas dan banyak pepohonan. Kalau kamu jalan-jalan keliling kampus, dijamin bakalan keringetan.

UNS terletak di pinggiran Kota Solo. Sekadar informasi aja, ritme hidup di Solo itu ibarat ”alon-alon asal kelakon”. Jadi, kalau kamu terbiasa hidup di kota besar dan memilih kuliah di UNS, bisa jadi di sinilah kamu bisa menemukan tempat buat ”bermeditasi” he-he-he.

Tetapi, soal biaya hidup, di Solo bisa dikatakan termasuk murah. Apalagi, makanannya, udah murah, enak lagi rasanya. Sebut beberapa di antaranya sego liwet, gudeg, pecel, soto, sate, sampai nasi kucing alias angkringan. Harganya per porsi sekitar Rp 5.000-Rp 10.000.

Jika meleset dari Solo, Kota Purwokerto bisa menjadi alternatif, karena di sini ada Unsoed.

PTN di Jawa Tengah

Universitas Diponegoro, Semarang, undip.ac.id .
Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, unsoed.ac.id .
Universitas Negeri Sebelas Maret, uns.ac.id .
Universitas Negeri Semarang, Semarang, unnes.ac.id .
Sekolah Tinggi Seni Indonesia Surakarta, isi-ska.ac.id .
Politeknik Negeri Semarang, polines.ac.id .
Institut Agama Islam Negeri Walisongo, walisongo.ac.id .
STAIN Pekalongan, www.stain-pekalongan.ac.id .
STAIN Surakarta, stain-surakarta.ac.id PTN di DI Yogyakarta .

Jawa Timur

Provinsi ini punya banyak PTN. Jika kamu ragu bersaing di ITS atau Unair, masih ada alternatif lain. Pilihan yang menggiurkan adalah Kota Malang. Di kota ini ada PTN bagus seperti Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Politeknik Negeri Malang, dan UIN Malang.

Malang, kota terbesar kedua di Jawa Timur ini, berjarak sekitar 90 kilometer dari Surabaya. Kota ini juga dikenal punya banyak aneka makanan. Jika meleset tak dapat perguruan tinggi di Malang, Kota Jember, bisa jadi alternatif. Di sini ada Universitas Negeri Jember.

Kalau kamu tertarik dengan bidang teknik. Di Surabaya juga ada banyak pilihan. Di sini, antara lain, terdapat Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya dan Politeknik Elektronik Negeri Surabaya.

PTN di Jawa Timur

Universitas Airlangga, Surabaya, unair.ac.id .
Universitas Brawijaya, Malang, brawijaya.ac.id .
Universitas Jember, unej.ac.id .
Universitas Negeri Malang, um.ac.id .
Universitas Negeri Surabaya, unesa.ac.id .
Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, trunojoyo.ac.id .
Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya, its.ac.id .
Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, ppns.ac.id .
Politeknik Elektronik Negeri Surabaya, eepis-its.edu .
Politeknik Negeri Jember, polije.ac.id .
Politeknik Negeri Malang, poltek-malang.ac.id .
Universitas Islam Negeri Malang, uin-malang.ac.id .
Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya, sunan-ampel.ac.id .
Politeknik Pertanian Negeri Jember .
STAIN Tulungagung, staintulungagung.ac.id .
STAIN Jember, stain-jember.ac.id .
STAIN Pamekasan PTN

Jawa Barat

Bandung, kota ini tak cukup dilukiskan dengan tulisan satu halaman. Citra ITB memang mendominasi Bandung. Meski di sini ada juga Universitas Padjadjaran.

Selain Unpad masih banyak PTN di Bandung, seperti Universitas Pendidikan Indonesia, Sekolah Tinggi Seni Indonesia Bandung, Politeknik Manufaktur Bandung, Politeknik Negeri Bandung, dan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

Bogor juga menawarkan suasana kota yang nyaman untuk belajar (selain tentunya banyak makanan enaknya he-he-he). Di Bogor ada Institut Pertanian Bogor. Jangan dikira IPB cuma buat mereka yang pengin bertani, justru IPB sekarang para alumninya dikenal bertebaran di banyak sektor yang tak ada kaitannya dengan pertanian.

PTN di Jawa Barat

Universitas Padjajaran, Bandung, unpad.ac.id .
Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, upi.edu .
Institut Teknologi Bandung, itb.ac.id .
Institut Pertanian Bogor, ipb.ac.id .
Sekolah Tinggi Seni Indonesia Bandung, stsi-bdg.ac.id .
Politeknik Manufaktur Bandung, polman.ac.id .
Politeknik Negeri Bandung, polban.ac.id .
Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, uinsgd.ac.id .
Institut Agama Islam Negeri Cirebon.

DI Yogyakarta

Kalian pasti udah merasa dekat dengan kota pelajar yang satu ini. Yogyakarta buat sebagian orang memang kondusif untuk belajar, baik soal akademik maupun bersosialisasi dengan berbagai suku di Indonesia. Kota ini bisa dibilang banyak menghasilkan para pemikir Indonesia.

Kalian juga bisa belajar melihat sisi dunia lain. Di sini mulai dari yang kaya hingga yang miskin bisa kuliah bersama. Sebagian dari mereka yang terbiasa hidup enak di kota besar, merasa ”tercerahkan” dan terbuka matanya setelah belajar di Yogyakarta. Saraf empati mereka terhadap nasib orang lain pun terasah.

Jika kamu tak tembus UGM, masih ada Universitas Negeri Yogyakarta, Institut Seni Indonesia, dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Di kota ini juga banyak perguruan tinggi swasta yang berkualitas.

PTN di DI Yogyakarta

Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, ugm.ac.id .
Universitas Negeri Yogyakarta, uny.ac.id .
Institut Seni Indonesia Yogyakarta, isi.ac.id .
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, uin-suka.ac.id

Banten dan DKI Jakarta

Jakarta kayaknya lebih cocok untuk bisnis. Banyak faktor yang tak mendukung Jakarta sebagai kota pelajar, selain memang menjadi jantung aktivitas ekonomi yang udah berjejalan. Biaya hidup di Jakarta juga tak murah. Universitas Indonesia, misalnya, punya dua kampus, yang satu di Salemba, di tengah keramaian kota, dan satunya di Depok yang asri.

Tapi, kalau kamu tak punya kendala soal biaya dan iklim belajar di Jakarta, di sini ada alternatif kuliah di PTN selain Universitas Indonesia, yakni Universitas Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Jakarta, dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Eh, masih ada lagi, buat kalian yang sibuk tak bisa masuk kuliah tiap hari, ada pilihan lain, Universitas Terbuka.

Selamat berburu PTN ya... Ingat: selain kemampuan otak untuk berkompetisi, pelajari juga tentang kota tujuan belajar sebelum memilih PTN.


PTN di Banten dan DKI Jakarta

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, untirta.ac.id .
Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, Jurang Mangu, Tangerang, stan.ac.id .
Universitas Indonesia, Depok & Jakarta, ui.ac.id .
Universitas Terbuka, Pondok Cabe, ut.ac.id .
Universitas Negeri Jakarta, unj.ac.id .
Politeknik Negeri Jakarta, Depok, pnj.ac.id .
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Ciputat, uinjkt.ac.id

Sumber: Kompas, Jumat, 1 Mei 2009

Label: ,

1 Komentar:

Pada 29 Maret 2015 pukul 01.02 , Anonymous Jati Jepara Online mengatakan...


http://goo.gl/LjZTqU

http://goo.gl/VpQ7vU

http://goo.gl/VMBnDg

http://goo.gl/UyHzDo

http://goo.gl/A2LQy3

http://goo.gl/4yhlUC

http://goo.gl/722z8I

http://goo.gl/Ezdo1w

http://goo.gl/tIlqM5

http://goo.gl/Uh8LB3

http://goo.gl/TyxLCq

http://goo.gl/KIvXYq

http://goo.gl/CbmSMJ


Menjual segala macam produk furniture asli jepara termurah dan berkualitas ekspor tinggi,

"Terimakasih banyak atas Infonya semoga sukses selalu"

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda