Mengenal Arti April Mop atau April Fools Day

09:39 info, sejarah No comments Advertisement Pernahkah teman atau saudara anda mengatakan dengan lantang "April Moop !!" setelah ia membohongi anda dengan sebuah cerita atau guyonan ? tetapi mungkin anda hanya terbengong saja karena tidak tahu maksud April Mop ini. Memang seperti itulah kenyataannya, April Mop yang juga dikenal dalam bahasa Inggris dengan April Fools' Day diperingati setiap tahun pada tanggal 1 April. Pada hari itu orang boleh melakukan kebohongan atau ngerjain orang lain tanpa dianggap bersalah. Biasanya lelucon atau ngerjain orang lain ini dilakukan terhadap keluarga, kakak atau adik, tetangga, teman bahkan musuh dan hal ini dilakukan untuk membuat malu orang-orang yang mudah ditipu. Ada beberapa negara yang membatasi guyonan atau tipu-menipu ini hanya boleh dilakukan sampai siang hari saja seperti di Inggris, Australia dan Afrika Selatan. Tapi banyak juga negara-negara yang memperbolehkan melakukan guyonan ini sepanjang hari seperti di Kanada, Perancis, Irlandia, Italia, Rusia, Belanda, dan Amerika Serikat. Di beberapa negara ternyata guyonan ini tidak hanya dilakukan oleh orang per orang, salah satu contohnya di Canada dimana media massa juga ikut memainkan lelucon pada hari yang oleh beberapa kalangan dianggap wajib untuk berbohong. Lelucon tersebut berhasil disebarkan oleh sebuah stasiun radio di Canada yang menyiarkan bahwa the Royal Canadian Mint mencetak koin dua dolaran yang terbuat dari emas murni. Sontak saja hal ini membuat heboh pendengar radio tersebut dan mereka berusaha mencarinya, tapi ternyata hal itu cuma lelucon belaka dan koin 2 dollar yang terbuat dari emas memang tidak pernah ada. Pada tahun 1957 stasiun televisi BBC Inggris juga melakukan lelucon melalui seorang penyiarnya yang mengatakan bahwa musim semi datang lebih awal tahun ini, sehingga panen spaghetti atau mi Itali itupun siap lebih awal. Dalam laporan tersebut juga disertai video yang menggambarkan petani wanita sedang memanen spaghetti dari pohon. Tak lama setelah berita tersebut ditayangkan TV BBC Inggris pun banyak mendapat telepon dari para pemirsanya yang menanyakan di mana persisnya acara panen itu dilakukan dan dimana mereka bisa membeli pohon spaghetti. Padahal kalau difikir secara nalar, mana ada pohon yang berbuah spaghetti.

April Mop atau April Fools' Day mulai diperingati di Perancis pada abad ke 16. Menurut sejarah di Perancis awal tahun baru jatuh pada tanggal 1 April. Mereka merayakannya dengan pesta, dansa hingga pagi hari. Baru kemudian pada tahun 1562 Paus Gregory memperkenalkan kalender baru yang dimulai pada bulan Januari. Namun ada sebagian orang yang pada saat itu tidak mengetahui tentang perubahan awal tahun dari 1 April menjadi 1 Januari, sehingga mereka tetap memperingati tahun baru pada tanggal 1 April. Nah kelompok orang inilah yang disebut sebagai April Fools atau jika diartikan sebagai orang yang tertipu di bulan April.

Sedangkan penyebaran kebiasaan untuk melakukan lelucon atau ngerjain orang pada tanggal 1 April ini diduga menyebar dari Perancis, ke Inggris dan Skotlandia, lalu ke Amerika. Di Perancis disebut Poisson d’avril atau ikan April karena ikan kecil itu gampang tertipu sehingga mudah ditangkap. Di Skotlandia lain lagi mereka menyebutnya dengan April gowk yang berarti burung tekukur yang melambangkan kepolosan. Di Skotlandia April Fools Day malah diperingati selama dua hari dimana pada kedua peringatan April Fools Day khusus untuk meledek anggota badan dan disebut Taily Day salah satunya dengan menempelkan stiker pada orang lain bertuliskan Kick Me atau hal-hal bodoh lainnya.

Bagi umat Islam ada sebuah hadits Nabi SAW yang secara khusus membicarakan tentang kebohongan yang artinya: ”Jauhilah oleh kalian (dan waspadailah) dusta, karena dusta menjerumuskan kepada perbuatan dosa, dan perbuatan dosa mejerumuskan kepada Neraka. Dan sesungguhnya ada seseorang yang berdusta, dan membiasakan diri dengannya sehingga dicatat di sisi Allah sebagai “Kadzdzab”(pendusta). Dan hedaklah kalian bersikap jujur, karena kejujuran mengantarkan kepada kebaikan, dan kebaikan menunjukkan kepada Surga. Dan sesungguhnya ada seseorang bersikap jujur dan bersungguh-sungguh untuk jujur, sehingga dicatat di sisi Allah sebagai ”Shiddiq”.” (HR. Bukhari-Muslim)

Jika kita menelaah kembali kebiasaan yang dilakukan orang untuk memperingati April Mop ini sangatlah tidak sesuai dengan prilaku dan pribadi bangsa Indonesia yang sangat menghargai nilai-nilai kejujuran, melakukan kebohongan apalagi yang membuat orang lain dipermalukan didepan umum atau bahkan sampai mencelakai orang lain adalah sikap yang tidak terpuji.

Demikianlah info mengenai Mengenal Arti April Mop atau April Fools Day, semoga kita bisa mengambil hikmah mana yang hal baik dan mana yang tidak baik untuk kita lakukan.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda